Minggu, 26 April 2009

SMP/MTs Hari Ini Mulai Ujian Nasional

Senin, 27 April 2009 siswa-siswi SMP se-Indonesia mulai UN. Sesuai jadwal, hari pertama adalah Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Agaknya sikap grogi, takut, dan was-was pasti menyelimuti hari pertama ujian. Maklumlah UN masih kategori situasi sakral, siswa-siswi dipertaruhkan belajar mereka selama 3 tahun ditentukan kelulusannya dalam waktu 4 hari 4 mata pelajaran.

Yah... kekhawatiran, semua merasakan itu. Dari pihak siswa dan pengawas sama-sama dituntut aturan. Siswa juga sekolah harus bisa bersaing dengan sekolah lain sehingga terkadang efek pelaksanaan kurang baik. Pengawas dituntut aturan untuk menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya, kalau tidak, pasti ada sanksi yang dijatuhkan padanya. Sekilas kasus ini bertentangan. Tetapi sebenarnya tidak ada yang bertentangan. Ketika siswa sudah siap UN, baik mental, materi, maupun hal yang mendukung, pasti tidak ada yang dikhawatirkan dan dijaga ketat pada saat di ruang ujian. Pengawas pun tidak was-was atau serba salah dalam melaksanakan tugas pengawasan di ruang uian.

Memang, menurut hemat saya, semua itu membutuhkan persiapan yang matang dari semua pihak baik dari segi pembelajaran secara umum sampai ke persiapan try out UN. Hal ini tidaklah sulit, hanya saja yang dibutuhkan itikad baik dan ingin maju. Semoga Kelulusan kita baik sebaik hasil pendidikan di Indonesia. Semoga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan diskusi bersama